Berita

Simak Tips Memulai Investasi Rumah Kontrakan Berikut Ini

Summary

Memiliki penghasilan dari pekerjaan utama terkadang membuat orang belum puas. Oleh karena itu, tidak heran banyak masyarakat yang memilih untuk mencari pendapatan sampingan lewat berbagai cara salah satunya dengan investasi. Bagi yang ingin investasi, saat ini Anda bisa mulai melakukannya […]

Memiliki penghasilan dari pekerjaan utama terkadang membuat orang belum puas. Oleh karena itu, tidak heran banyak masyarakat yang memilih untuk mencari pendapatan sampingan lewat berbagai cara salah satunya dengan investasi. Bagi yang ingin investasi, saat ini Anda bisa mulai melakukannya dengan investasi properti salah satunya kontrakan.

Jika tinggal di area Purwokerto dan sekitarnya, Anda bisa melakukan investasi rumah kontrakan di daerah ini di lokasi-lokasi strategis dan berkembang. Lalu bagaimana cara memulai untuk investasi kontrakan agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal?

Investasi Rumah Kontrakan

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan ketika ingin investasi properti lewat rumah kontrakan.

1. Pilih Lokasi Strategis

Pertama Anda bisa memilih lokasi yang strategis, salah satunya yaitu daerah kawasan industri. Kawasan industri memiliki prospek pertumbuhan yang cukup signifikan dan meningkat dari waktu ke waktu. Karena adanya kawasan industri, membuat pertumbuhan banyak faktor meningkat seperti misalnya perekonomian hingga pemukiman baru.

Penggeraknya tentu saja adalah karyawan pabrik yang membutuhkan berbagai hal untuk menunjang kehidupan, salah satunya tempat tinggal. Tidak heran memiliki usaha kontrakan yang lokasinya berada di kawasan pabrik tentu akan memberikan keuntungan yang maksimal.

2. Kualitas Rumah

Selanjutnya perlu dilakukan adalah dengan meninjau kualitas kontrakan jika Anda ingin membeli bangunan jadi. Anda harus meninjau sendiri bagaimana kualitas material yang digunakan pada bangunan tersebut. Ini cara terpenting untuk menentukan harga sewa rumah.

Rumah terbaik yang bisa disewa adalah rumah yang tidak memiliki kerusakan agar penghuninya nyaman. Rumah dalam kondisi baik, juga tidak perlu biaya renovasi sehingga akan menghemat biaya dalam jangka waktu lama.

Selain kualitas dari bangunan, perhatikan juga bagaimana desain kontrakan. Salah satu daya tarik rumah kontrakan adalah dari desainnya. Apalagi saat ini, banyak orang yang mencari rumah dengan trend desain rumah minimalis atau sederhana. Kemudian penting juga untuk mengetahui apakah rumah tersebut aman ditempati bagi keluarga yang memiliki anak.

Perhatikan juga bagaimana sirkulasi udara dan kemudahan mendapatkan air bersih di area rumah tersebut. Ini menjadi pertimbangan penting yang biasanya dilakukan oleh orang-orang saat ingin mengontrak rumah.

3. Tentukan Biaya Sewa

Berikutnya Anda juga perlu menentukan biaya sewa rumah. Biaya sewa rumah kontrakan tergantung dari harga pasaran di sekitar lokasi rumah. Anda bisa menentukan biaya sewa berdasarkan survei harga sewa hunian, di sekitar rumah jika terdapat banyak kontrakan.

Selain itu bisa juga dengan menggunakan rumus mengalikan harga properti dengan capitalization rate yang biasanya nilainya 3 sampai 5% per tahun. Biasanya biaya sewa rumah naik setiap tahun. Jadi menaikkan harga rumah bisa jadi pertimbangan jika diperlukan.

4. Menghitung Pengeluaran Dan Pendapatan

Sangat penting untuk menghitung pengeluaran dan pendapatan tahunan saat ingin berbisnis kontrakan. Anda harus menghitung apa saja yang harus dibelanjakan agar tidak merugi dan terdapat dua jenis pengeluaran yaitu pengeluaran tetap dan tak terduga.

Pengeluaran tetap termasuk ke dalam pembayaran pajak, perawatan rumah dan juga asuransi. Sementara untuk pengeluaran yang tidak terduga, meliputi kerusakan rumah yang bisa terjadi kapan saja. Untuk biaya kerusakan rumah ini tentu tidak bisa diprediksi besar atau kecil maka harus menyiapkan dana darurat.

5. Fasilitas Yang Memadai

Agar rumah kontrakan memiliki banyak peminat maka perlu menyediakan fasilitas primer dan unggulan dari rumah tersebut. Para penyewa tentu lebih menyukai fasilitas yang lengkap pada rumah yang akan ditempati. Mulai dari berbagai furniture pengisi rumah, televisi bahkan AC. Dengan berbagai fasilitas lengkap ini, maka membuat para penghuni rumah menjadi lebih betah.

Namun biasanya untuk kontrakan yang punya fasilitas lengkap bahkan mewah seperti adanya AC maka biaya sewa tentunya lebih mahal. Mengingat harus menyesuaikan fasilitas mahal tersebut.

6. Surat Perjanjian

Jika ada calon pengontrak rumah dan sudah merasa cocok ada hunian anda yang akan disewa maka selanjutnya siapkan surat perjanjian. Surat perjanjian sangat penting diberikan oleh pemilik kontrakan, kepada pengontrak.

Isi dari surat perjanjian ini tentu saja tergantung dari kesepakatan antara kedua belah pihak, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun biasanya isi surat perjanjian menyangkut kewajiban penyewa dalam membayar biaya sewa, tanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan perawatan kontrakan. Jika terdapat banyak fasilitas yang diberikan oleh pemilik rumah, maka wajib menjaga perabotan yang dipinjamkan.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan ketika ingin memilih melakukan investasi di bidang properti khususnya kontrakan. Bagi yang sedang mencari properti baik berbentuk rumah atau gedung apartemen untuk disewakan, maka Anda bisa menemukannya dengan mudah lewat Rumah.com.

Rumah.com adalah salah satu situs properti terbaik dan terdepan di Indonesia, yang sangat tepat dikunjungi bagi anda yang ingin mencoba untuk terjun di dunia investasi. Ada berbagai pilihan properti yang bisa Anda pilih dengan harga bervariasi. Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung kunjungi website resmi Rumah.com.