Berita

Siklus Haid Berantakan? Lakukan 7 Cara Ini Untuk Mengembalikannya

Summary

Normalnya siklus haid berlangsung selama 28 hari. Namun ada juga beberapa orang yang mengalami siklus lebih lama, bahkan lebih cepat. Pada umumnya, siklus haid bisa dikatakan normal dan teratur jika datang setiap 24 hari sampai 38 hari. Jadi, kalau kamu […]

Normalnya siklus haid berlangsung selama 28 hari. Namun ada juga beberapa orang yang mengalami siklus lebih lama, bahkan lebih cepat.

Pada umumnya, siklus haid bisa dikatakan normal dan teratur jika datang setiap 24 hari sampai 38 hari. Jadi, kalau kamu jadwal haid kamu datang dengan siklus yang tidak menentu setiap bulannya, bisa dikatakan siklusnya tidak teratur.

Apa yang harus dilakukan kalau siklus haid berantakan? Jangan terlalu panik, siklus tersebut bisa kembali normal kok asalkan kita mengikuti beberapa tips berikut ini. Apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

1. Minum Cuka Apel

Cara yang bisa dilakukan agar siklus haid kembali normal adalah dengan mengonsumsi cuka apel. Cuka apel memang pahit, tapi khasiatnya bisa membantu mengatasi haid yang datang secara tidak teratur.

Sebuah penelitian pernah menyebutkan jika kita minum 15 ml cuka apel, maka nantinya bisa mengembalikan siklus haid pada perempuan. Benar-benar bermanfaat, bukan?

Tak hanya itu saja, kandungan yang terdapat dalam cuka apel juga bisa membantu menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula darah, serta menurunkan kadar insulin.

Bagi yang ingin mengkonsumsinya, disarankan untuk menambahkan campuran madu dan air secukupnya. Hal ini dilakukan supaya sedikit  menghilangkan rasa pahit dari cuka apel.

2. Konsumsi Nanas

Buah yang identik berwarna kuning ini bisa disebut sebagai salah satu buah-buahan yang dapat membantu mengembalikan siklus haid.

Dalam satu buah nanas, terdapat kandungan bromelain. Apakah itu? Bromelain adalah enzim yang bisa membantu melunakkan lapisan rahim. Alhasil siklus menstruasi kamu bisa kembali teratur.

Pada buah nanas juga terdapat kandungan  molekul protein yang mana dipercaya sebagai pereda nyeri. Memang sih belum banyak penelitian yang menyebutkan kalau nanas bisa membantu mengatasi siklus haid. Meski begitu, tidak ada salahnya kan untuk mencoba?

Bagi yang ingin mengonsumsi nanas, disarankan untuk makan minimal 80 gram setiap harinya.

3. Tambah Asupan Vitamin

Jika kamu mengeluhkan siklus haid yang berantakan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menambah asupan vitamin untuk tubuh, khususnya vitamin D.

Vitamin D umumnya terkandung dalam susu, kuning telur, dan minyak ikan. Jadi, semua makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi guna melancarkan kembali siklus haid.

Selain vitamin D, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B. Apa saja makanan tersebut? Vitamin B biasanya terdapat dalam makanan, seperti  jagung, bayam, kembang kol, lobak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Yoga

Melakukan gerakan yoga disebut bisa membantu mengembalikan siklus haid yang berantakan. Sebuah penelitian menyebutkan jika mereka yang rutin melakukan yoga dengan durasi 35-40 selama 5 hari per minggu dipercaya dapat membantu menyeimbangkan hormon, sehingga siklus haid bakal berjalan normal.

Yoga merupakan olahraga santai yang gerakannya tidak sulit untuk diikuti. Selain bisa membantu memulihkan siklus haid, dengan yoga, kita juga bisa mengurangi rasa sakit yang kerap dirasakan saat haid.

5. Rutin olahraga

Berolahraga lah jika kamu merasa siklus haid berantakan. Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih sehat dan hormon perlahan akan kembali normal.

Keuntungan lain dari berolahraga juga bisa membantu pengobatan PCOS. PCOS merupakan salah satu penyebab jadwal menstruasi berantakan.

Setidaknya kamu bisa mulai berolahraga ringan yang dilakukan di sekitar rumah. Contohnya, jogging, work out, lari santai, bersepeda dan lain-lain. Tidak usah terlalu lama, lakukan saja selama kurang lebih 30 menit. Lakukan selama 3 kali dalam seminggu.

4. Istirahat yang Cukup

Siklus haid yang berantakan bukan tidak mungkin terjadi karena kita terlalu banyak pikiran. Oleh karena itu, beristirahatlah yang cukup. Normalnya kita dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam sehari. Tidur lah jika sudah waktunya, jangan terlalu banyak melakukan aktivitas di malam hari yang berujung membuatmu begadang.

Jika ingin tidur lebih nyenyak, matikanlah lampu sesaat sebelum tidur. Sebisa mungkin, jauhkan peralatan elektronik, khususnya handphone agar kamu tidak melulu memainkannya di malam hari.

7. Konsumsi Herbal Alami

Untuk mengembalikan siklus haid, mengonsumsi obat-obatan herbal disebut bisa membantu mengembalikan jadwal haid yang berantakan. Entah itu jamu atau yang berbentuk obat. Beberapa herbal yang dapat dikonsumsi di antaranya jahe, kayu manis, kunyit, dan lain-lain.

Ingin tahu lebih tentang siklus haid? Kunjungi charmgirlstalk.com, Charm Girl’s Talk merupakan situs edukasi menstruasi secara online. Karena situs ini memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman edukasi menstruasi di Jepang selama lebih dari 60 tahun, PT Uni-Charm Indonesia Tbk percaya ini akan bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan menstruasi bagi konsumen di Indonesia.

Selain itu, di Charms girl’s talk juga ada online class yang akan mengulas semua permasalahan wanita. Yuk kunjungi website Charms girl’s talk dan daftar jadi membernya agar #TakAdaMomenTerlewatkan