Berita

Manfaat Hidup Bersih Tanpa Sampah Agar Hidup Lebih Sehat

Summary

Sampah masih menjadi masalah yang bisa membuat lingkungan menjadi rusak dan kotor. Padahal jika sampah bisa dikelola dengan baik, maka ia akan memberikan manfaat yang besar. Salah satunya adalah manfaat hidup bersih tanpa sampahyang akan memberikan dampak positif tidak hanya […]

Sampah masih menjadi masalah yang bisa membuat lingkungan menjadi rusak dan kotor. Padahal jika sampah bisa dikelola dengan baik, maka ia akan memberikan manfaat yang besar. Salah satunya adalah manfaat hidup bersih tanpa sampahyang akan memberikan dampak positif tidak hanya untuk lingkungan, namun juga untuk manusia yang tinggal di sekitarnya.

Ketahui Masalah Sampah di Indonesia dan Manfaat Hidup Bersih Tanpa Sampah

1. Masalah Sampah di Indonesia

Di Indonesia, pengelolaan sampah masih dikatakan kurang teratur dan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Banyak tempat pengumpulan sampah yang sudah overload sehingga tidak bisa dikelola dengan baik.

Masyarakat juga tidak diberikan edukasi untuk mengelola sampah, selain dibuang di tepi jalan untuk diangkut truk sampah, banyak masyarakat yang lantas membakar sampah. Padahal hal tersebut bukan solusi, apalagi jika dilakukan di kota besar dan malah memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan.

Dari berbagai permasalahan tersebut, kini banyak orang yang kemudian tertarik dan peduli dengan permasalahan sampah di Indonesia. Salah satunya adalah Mohammad Bijaksana Junerosano yang kemudian mendirikan start up untuk pengelolaan sampah yang baik di Indonesia.

Harapannya, sampah yang masuk di bisnis yang dikelola oleh Bijaksana akan membantu visi pemerintah untuk menciptakan Indonesia sebagai Negara yang lebih bersih. Fokus utama start up yang Bijaksana kelola adalah pengelolaan sampah, dimana sampah yang sudah dikumpulkan tidak akan ditimbun begitu saja.

Saat ini start up yang ia kelola sudah berjalan di beberapa kota besar di Indonesia, diantaranya adalah Jakarta, Jadetabek, Tangerang dan juga Depok. Di kota besar wilayah Jawa Timur, yakni Sidoarjo, start up miliknya juga sudah beroperasi dan aktif melakukan pemilahan dan daur ulang sampah.

2. Pengelolaan Sampah Anorganik

Manfaat hidup bersih tanpa sampahtidak hanya berlaku ketika sampah organik saja yang bisa dibersihkan. Namun sampah anorganik juga harus di daur ulang untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan jumlah sampah jenis ini terus berkurang. Seperti yang diketahui, sampah anorganik akan sulit untuk didaur ulang secara mandiri oleh alam.

Start up yang dikelola oleh Bijaksana juga mengelola sampah anorganik untuk didaur ulang. Sampah tersebut biasanya dikirimkan oleh klien, dengan keadaan sampah yang lebih bersih. Banyak pula klien yang sudah memisahkan jenis dan kategori sampah, sehingga proses sortir bisa dilakukan dengan lebih singkat.

Pengumpulan sampah tersebut menggunakan kantong plastik, yang setelah selesai akan dicuci ulang untuk mengurangi penggunaan plastik. Sampah anorganik akan diolah dalam tiga tahapan, yakni dengan menerapkan proses 3R, reduce, reuse, dan recycle.

Sampah yang sudah dibersihkan akan dibuang label dan brandnya, kemudian dicacah untuk dihancurkan  hasil cacahan tersebut nantinya akan menjadi hasil bijih plastik daur ulang yang akan dikirimkan ke pabrik-pabrik untuk menjadi bahan baku produksi mereka. Langkah ini cukup efektif untuk mengurangi adanya sampah plastik di lingkungan, terutama di kota besar.

3. Pengolahan Sampah Organik

Berikutnya adalah sampah organik, dimana sampah ini memiliki proses daur ulang yang lebih panjang. Manfaat hidup bersih tanpa sampahorganik tentu cukup besar, sebab dengan mengurangi adanya sampah organik, maka lingkungan tidak akan berbau busuk, sebagai salah satu tanda bahwa sampah sedang di daur ulang alam.

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengelola dan membuat sampah daur ulang organik dapat digunakan kembali, diantaranya adalah:

  • Melakukan pembuatan kompos di atap terbuka beratap, sehingga proses aerasi alami dapat terjadi dan menghasilkan kompos yang berkualitas. Sampah yang sudah dikumpulkan, akan ditimbun dan dibalik ketika suhunya berada di titik tertentu.
  • Pencacahan sampah yang telah diproses dengan sistem aerob atau lewat udara, cara ini akan membuat berat dan massa sampah menjadi berkurang. Jika sudah didiamkan selama 2 bulan, sampah ini akan dicacah, kemudian diolah menjadi kompos yang akan bermanfaat untuk tanaman.
  • Memanfaatkan maggot dari lalat hitam untuk memakan sampah organik yang sudah dikumpulkan oleh tim pengelolaan sampah. Dalam waktu 12 hari, 10 kilogram sampah organik bisa hilang dengan menggunakan 20 gram maggot. Maggot ini juga dapat dijual setelah proses memakan sampah organik selesai dilakukan.
  • Menggunakan cacing vermikompos, yang akan memakan sampah residu buah-buahan, nantinya hasil yang akan didapatkan berupa pupuk kompos berkualitas tinggi.

4. Pengelolaan Sampah yang Tidak Dapat Didaur Ulang

Manfaat hidup bersih tapa sampahbisa didapatkan jika semua sampah dapat diolah dengan baik. Namun bagaimana dengan sampah yang tidak bisa didaur ulang, seperti tisu basah, popok bayi, atau bahkan sisa makanan?

Jenis sampah ini akan dibuang ke TPA dan diolah di sana, namun untuk start up yang dikelola oleh Bijaksana, ia selalu mengusahakan hanya 30 persen sampah saja yang akan dibawa ke TPA. Sampah residu atau sampah yang tidak dapat didaur ulang merupakan sampah rumah tangga, yang jumlahnya bervariasi setiap bulannya. Terdapat beberapa mitra dari start up Bijaksana yang bisa mengolah sampah tersebut. 

Start up yang dikelola oleh Bijaksana adalah waste4change yang memberikan perubahan positif tidak hanya untuk lingkungan, namun juga jumlah sampah yang ada di sekitar lingkungan. Anda bisa mengajak teman, keluarga maupun saudara untuk menggunakan jasa yang mereka tawarkan.

Selain menggunakan jasa mereka, Anda dapat mendukung mereka dengan memberikan donasi pada waste4change untuk memberikan manfaat hidup bersih tanpa sampah. Dengan begitu, Anda juga turut berperan aktif mengurangi sampah di Indonesia.