Berita

Manfaat Chatbot WhatsApp Untuk Bisnis dan Cara Membuatnya

Summary

Chatbot WhatsApp merupakan salah satu inovasi teknologi yang memberikan dampak besar pada banyak bisnis yang sudah go digital. Dengan bantuan bot yang satu ini kita bisa mengelola proses bisnis yang berhubungan dengan customer service relatif lebih mudah. Bot khusus ini […]

Chatbot WhatsApp merupakan salah satu inovasi teknologi yang memberikan dampak besar pada banyak bisnis yang sudah go digital. Dengan bantuan bot yang satu ini kita bisa mengelola proses bisnis yang berhubungan dengan customer service relatif lebih mudah.

Bot khusus ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai bisnis namun belum mempunyai kemampuan untuk mempekerjakan banyak karyawan. Dengan karyawan yang ada kita tetap bisa memaksimalkan pelayanan konsumen untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Lantas tentunya kemudian kita akan bertanya apa sebenarnya Chatbot WhatsApp itu? Apa manfaat serta bagaimana cara menerapkan Chatbot WhatsApp pada bisnis kita? Untuk menjawabnya mari kita simak pembahasan kali ini.

Mengenal Chatbot WhatsApp Serta Manfaatnya Untuk Bisnis

Chatbot sendiri merupakan sebuah program komputer yang ditunjang oleh kecerdasan buatan dengan tujuan untuk mengelola percakapan dengan manusia. Penerapannya sendiri bisa digunakan untuk banyak platform seperti website, layanan customer service operator seluler hingga aplikasi perpesanan seperti whatsapp.

Dengan populernya aplikasi whatsapp membuat banyak bisnis yang menggunakan layanan tersebut guna memudahkan komunikasi dengan konsumennya. Hal ini pula yang mendorong digunakannya pula chatbot pada aplikasi whatsapp atau yang lebih dikenal dengan Chatbot WhatsApp.

Penggunaan Chatbot WhatsApp bisa meminimalisir pengawasan manusia terhadap percakapan pemasaran, promosi, penjualan, survei, dll dalam bisnis Anda. Selain itu Anda juga bisa memberikan bantuan kepada konsumen tentang cara melakukan pemesanan atau pembelian melalui layanan ini yang bisa membalas pesan dengan segera.

Hal ini tentu akan memudahkan dalam melakukan pelayanan pesan terhadap banyak pelanggan dengan lebih efisien yang tentunya akan menghemat banyak waktu dan uang dalam bisnis.

Manfaat Chatbot WhatsApp Bagi Bisnis Anda

Manfaat yang paling bisa dirasakan dengan penggunaan layanan Chatbot WhatsApp ini adalah Anda tidak perlu repot membalas pesan dari konsumen bisnis satu persatu. Khususnya untuk pesan-pesan awal, Anda bisa fokus ke konsumen yang sudah menanyakan pertanyaan yang lebih penting dan mendekati deal. Namun selain itu masih ada lagi manfaat Chatbot WhatsApp untuk bisnis Anda seperti :

1. Mengefisienkan waktu

Selain menguntungkan bagi sebuah bisnis, layanan ini juga akan menguntungkan bagi konsumen karena dapat menghemat waktunya untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan mereka. Dengan respon bot yang lebih cepat tentunya juga akan menghemat banyak waktu konsumen dari pada sekedar menunggu jawaban yang terlalu lama dari customer service.

2. Bisa beroperasi selama 24 Jam

Mungkin untuk sebuah bisnis atau perusahaan yang sudah besar bisa mempekerjakan orang untuk bergantian shift selama 24 jam. Namun untuk bisnis yang masih berskala kecil atau merintis tentu belum mempunyai kemampuan untuk hal tersebut. Dengan Chatbot WhatsApp hal tersebut bisa diakali sebab layanan ini dapat beroperasi selama 24 jam.

3. Lebih interaktif

Layanan ini juga bisa digunakan untuk menawarkan layanan, promo maupun diskon kepada konsumen sehingga bisa lebih interaktif dibandingkan menawarkan secara manual. Dengan begitu konsumen bisa mempunyai banyak referensi akan sebuah produk dalam sebuah bisnis.

4. Mengefisienkan biaya

Penggunaan Chatbot WhatsApp dalam sebuah bisnis juga bisa menghemat anggaran atau biaya untuk menggaji karyawan. Selain itu karyawan juga bisa lebih fokus pada pertanyaan pelanggan yang lebih serius atau mendekati goal. Dengan biaya yang lebih efisien maka dana bisa dialihkan untuk tambahan biaya dalam proses produksi maupun inovasi produk dan bisnis.

Cara Mengaplikasikan Chatbot WhatsApp Untuk Bisnis Anda

Tidak terlalu sulit untuk mengaplikasikan layanan ini pada bisnis Anda asalkan mempunyai strategi yang jelas tentang cara melakukannya. Bila Anda pernah membuat bot untuk facebook messenger maka Chatbot WhatsApp kurang lebih hampir sama. Namun pengaplikasian pada WhatsApp mempunyai fleksibilitas lebih dalam hal personalisasi. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah membuat Chatbot WhatsApp :

Langkah 1 –  Meminta API WhatsApp Business

Layanan yang satu ini hanya bisa digunakan pada jenis whatsapp business API sehingga Anda harus meminta API mereka agar bisa digunakan melalui pihak ketiga. Ada opsi sebagai pelanggan maupun penyedia solusi ketika Anda meminta API ini.

Saat pengajuan permintaan pastikan perusahaan Anda sudah mempunyai nama, website (URL-nya akan diminta), nama Anda hingga informasi tentang perwakilan perusahaan. Setelah mengajukan Anda hanya perlu menunggu untuk proses peninjauan dan persetujuan, bila sudah maka Anda bisa menggunakan WhatsApp API.

Langkah 2 : Pikirkan bagaimana percakapan akan berlangsung

Tentu kita ingin Chatbot WhatsApp bisa menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat dan tepat, karenanya ktia harus memikirkan bagaimana percakapan akan terjadi. Hal ini merupakan hal umum dalam membuat chatbot untuk semua platform termasuk WhatsApp. Jadi Anda harus mempunyai gambaran pertanyaan seperti apa yang akan diajukan oleh konsumen. Secara umum ada 2 jenis percakapan yaitu diarahkan maupun terbuka.

Pada percakapan terarah bertujuan untuk memandu konsumen melalui beberapa opsi dan validasi untuk kepentingan tertentu. Sebagai contohnya adalah untuk menanyakan ketersediaan, cara memesan, cara pembayaran, dll. Sedangkan pada percakapan terbuka maka konsumen bisa bebas mengajukan pertanyaan secara terbuka yang tidak diarahkan untuk sebuah tugas tertentu.

Langkah 3: Pilih aplikasi pembuat chatbot terbaik

Untuk membuat chatbot kita bisa melakukannya melalui aplikasi, ini dapat menghemat waktu dibanding membuatnya dari awal. Meski begitu Anda juga bisa menambahkan script tertentu guna melaksanakan sebuah tugas seperti tiket dukungan, templat respon dasar hingga alur percakapan.

Melalui aplikasi pembuat chatbot maka dari keakuratan respon, rasio pentalan hingga sentimen konsumen akan membantu meningkatkan pengalaman chatbot. Disini juga tersedia demo aplikasinya sebelum Anda membuat versi full atau lengkapnya. Dengan begitu Anda akan punya gambaran lebih sebelum mengeluarkan banyak uang dan waktu untuk membuat Chatbot WhatsApp.

Langkah 4: Lakukan pengujian pada Chatbot WhatsApp Anda

Setelah chatbot dirasa siap maka Anda hanya perlu mengujinya untuk memastikannya berfungsi dengan baik atau tidak. Bila terdapat kesalahan maka segera perbaiki agar konsumen bisa tetap merasa nyaman meskipun melakukan percakapan dengan bot.

Bila bot Anda dirasa sudah cukup baik maka bisa diterapkan juga untuk platform lainnya seperti website, facebook, telegram, dll. Tentu ini adalah kabar baik untuk bisnis yang mempunyai banyak layanan percakapan di berbagai platform. Dengan begitu setiap platform layanan percakapan bisnis Anda akan mempunyai standar yang sama.

Langkah 5: Install Chatbot WhatsApp di nomer bisnis Anda

Install Chatbot WhatsApp pada nomer bisnis Anda bila layanan sudah dikembangkan. Disini Anda bisa menambahkan nama, ikon yang bersifat opsional, detail kontak dan menautkannya dengan aplikasi pembuat chatbot yang Anda gunakan.

Langkah 6 : Terus lakukan peninjauan untuk meningkatkan kualitas chatbot

Meskipun bisa berjalan secara otomatis namun Chatbot WhatsApp harus Anda pantau dan awasi apakah berjalan dengan baik. Pantau bagaimana tanggapan dari konsumen, informasi yang didapat hingga pengabaian percakapan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas Chatbot WhatsApp bisnis Anda.

Itulah gambaran tentang Chatbot WhatsApp dan bagaimana menerapkannya pada whatsapp bisnis Anda. Bila Anda masih cukup bingung tentang bagaimana menerapkan chatbot pada whatsapp bisnis maka https://qontak.com/ bisa menjadi solusinya.

Mekari Qontak merupakan mitra resmi WhatsApp API dan Instagram API yang telah terpercaya dan berpengalaman. Hanya dengan satu akun bisnis, Qontak membantu pemilik bisnis untuk menggunakan satu nomor WhatsApp untuk banyak pengguna (WhatsApp multiple device), kirim broadcast WA secara cepat, tanpa limitasi, dan otomatis, merespons pelanggan secara otomatis dengan chatbot, kirim pesan WhatsApp blast tanpa takut terblokir, mendapatkan centang hijau WhatsApp sehingga terverifikasi resmi, serta manfaat lainnya yang dapat meningkatkan penjualan, kinerja bisnis, maupun kinerja karyawan.

Lebih dari 3.000 bisnis termasuk Ajinomoto, Glints Indonesia, Telkom Indonesia, iPot Sekuritas, serta Alodokter sudah mempercayakan bisnisnya pada Qontak. Otomatisasikan bisnismu bersama Qontak sebelum ketinggalan. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Qontak dapat menghubungi tim Qontak melalui Qontak.com dan dapatkan akun demo gratis. Percepat penjualan dan layanan konsumen bersama chatbot by Mekari Qontak.