Berita

Ini Perbedaan Perkembangan Fisik Laki Laki Dan Perempuan

Summary

Sedari kecil sudah cukup banyak perbedaan antara perkembangan fisik laki laki dan perempuan. Sangat perlu untuk mengetahui hal ini karena setiap orang punya perkembangan fisik yang berbeda-beda pula. Apalagi ketika masuk ke masa pubertas, Anda bisa lihat begitu banyak perbedaan […]

Sedari kecil sudah cukup banyak perbedaan antara perkembangan fisik laki laki dan perempuan. Sangat perlu untuk mengetahui hal ini karena setiap orang punya perkembangan fisik yang berbeda-beda pula. Apalagi ketika masuk ke masa pubertas, Anda bisa lihat begitu banyak perbedaan perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan.

Bahkan tidak melulu soal perkembangan fisiknya, cara berpikirnya juga berbeda. Berikut beberapa perbedaan perkembangan fisik laki laki dan perempuan.

1. Kemampuan Berbicara

Perlu Anda anda ketahui bahwa anak pria lebih lambat dalam hal kemampuan berbicaranya dibanding anak perempuan. Sedari kecil anak lelaki juga biasanya minim kosakata atau untuk merangkai kalimat. Di sisi lain para perempuan punya kemampuan lebih baik untuk membaca tanda-tanda non verbal. Misalnya dengan mendengarkan suara saja sudah mampu mengenal ekspresi wajah orang lain.

Jadi tidak heran mengapa anak perempuan punya komunikasi yang jauh lebih baik dibanding laki-laki. Tetapi anda bisa membantu anak laki-laki untuk berkomunikasi dengan cara menghadapinya untuk rajin membaca buku sedari kecil. Cara ini membuat anak latihan emosi dan belajar merasakan apa yang dirasakan orang lain.

2. Identitas Kelamin

Tentu saja perkembangan fisik laki laki dan perempuan secara sederhana bisa dilihat dari identitas kelaminnya. Biasanya anak berumur 2 sampai 6 tahun baru bisa membedakan jenis kelamin orang lain dan cenderung punya perilaku sesuai dengan karakteristik jenis kelaminnya.

Misalnya anak perempuan yang lebih cenderung menyukai permainan boneka atau masak-masakan. Sedangkan untuk anak laki-laki, menyukai permainan yang lebih tertantang seperti lari-larian atau bermain mobil-mobilan.

3. Kemampuan Motorik

Anda juga bisa lihat perbedaan ini pada kemampuan motorik anak. Anak laki-laki umumnya lebih cenderung menguasai kemampuan motorik seperti berlari dan melompat serta menyeimbangkan tubuh.

Jika dilihat, lebih banyak anak perempuan memiliki kemampuan untuk menulis lebih dulu dibanding laki-laki. Anak perempuan juga lebih mudah tertarik pada sesuatu yang punya rasa seni tinggi. Anak laki-laki umumnya punya sifat yang agresif dan impulsif ketika berperilaku. Ini adalah hal wajar karena dalam otak anak laki-laki tertanam pusat rasa senang dan bagian ini muncul tiap kali anak akan mengambil resiko.

Ini bukan menciutkan gender perempuan yang lebih pasif dan takut mengambil resiko. Karena banyak juga anak perempuan yang pemberani dan bahkan melebihi keberanian laki-laki. Namun memang rata-rata, para pria jauh lebih aktif dan menyukai tantangan.

4. Toilet Training

Ada alasan biologis mengapa laki-laki lebih maskulin daripada wanita. Tetapi alasan biologis ini tidak cukup membantu untuk menjelaskan perbedaan dua jenis kelamin tersebut. Apalagi di stereotip masyarakat, berkembang bahwa anak laki-laki dan perempuan harus diarahkan ke jalur yang berbeda sejak mereka lahir. Mulai dari pemberian arti but dan juga cara berkomunikasi dengan orang tua serta orang-orang di lingkungannya.

Jadi itu tadi beberapa perbedaan perkembangan fisik laki-laki dan perempuan. Untuk anda yang sedang menghadapi anak melewati masa pubertasnya maka akan secara langsung bisa melihat perubahan seksual antara perempuan dan laki-laki. Misalnya pada perempuan, anak akan mengalami perkembangan fisik yaitu dimulainya masa menstruasi dan perubahan pada bentuk tubuhnya. Ini juga tentu saja berlaku pada anak laki-laki seperti suara serak yang muncul dan ejakulasi pertama anak laki-laki yang umumnya terjadi pada saat tidur. Orang tua sebagai pendukung utama anak, haruslah memberitahukan kepada mereka sejak dini bahwa ada yang namanya perubahan perkembangan fisik antara laki-laki dan perempuan yang berbeda seiring berjalannya waktu.