Berita

7 Cara Cepat Jual Rumah

Summary

Keputusan untuk jual rumah di tengah pandemi saat ini memerlukan pertimbangan yang matang. Jual rumah di tengah kondisi yang tidak menentu seperti sekarang bisa dikatakan sangat sulit. Sayangnya, ada beberapa alasan dimana seseorang harus menjual rumah miliknya. Ada yang menjual […]

Keputusan untuk jual rumah di tengah pandemi saat ini memerlukan pertimbangan yang matang. Jual rumah di tengah kondisi yang tidak menentu seperti sekarang bisa dikatakan sangat sulit. Sayangnya, ada beberapa alasan dimana seseorang harus menjual rumah miliknya. Ada yang menjual rumah karena ingin pindah ke lingkungan baru, dan ada pula yang menjual rumahnya karena terbelit hutang.

Menjual rumah tidak memiliki resiko penurunan harga, karena bisa dipastikan bahwa harga properti dari tahun ke tahun semakin tinggi. Permasalahannya adalah minat calon pembeli rumah. Minat calon pembeli properti seperti rumah bisa dikatakan sangat menurun. Hal ini tidak lepas dari faktor ekonomi yang menurun diakibatkan pandemi.

Banyak orang yang kehilangan pekerjaan saat pandemi datang. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang kemampuan finansialnya menurun karena tidak adanya pekerjaan. Keadaan ekonomi yang tidak stabil membuat penjualan rumah semakin menurun.

Agar rumah yang ingin Anda jual cepat laku, Anda bisa mengikuti 7 cara cepat berikut.

1.  Tentukan harga wajar

Walaupun Anda membutuhkan uang cepat dari penjualan rumah, Anda tidak boleh sembarangan menentukan harga. Anda tidak boleh menjual rumah dengan harga dibawah pasaran. Anda bisa menentukan harga yang realistis dan wajar pada rumah yang akan dijual.

Untuk menentukan besaran harga jual rumah, Anda bisa mencari informasi mengenai harga tanah dan bangunan di sekitar rumah. Dengan informasi tersebut, Anda bisa menentukan harga jual yang wajar dari rumah tersebut.

Untuk menentukan harga bangunan rumah, Anda juga bisa menggunakan rumus. Sebagai contoh, misalnya Anda mempunyai rumah di daerah Bandung dengan luas 400m2. Sedangkan untuk harga jual bangunan per m2 di sekitar Cimahi sebesar 125 ribu. Untuk mengetahui harga jual bangunan rumah Anda tersebut, Anda harus mengalikan luas tanah dengan harga bangunan per m2 tersebut.

Rp. 125 ribu x 400m2 = 50 juta

Jadi Anda bisa menggunakan harga tersebut pada bangunan rumah dijual di bandung. Harga tersebut bisa berkurang maupun bertambah menyesuaikan dengan kondisi rumah.

2.  Memanfaatkan pihak ketiga

Tidak cukup menawarkan rumah untuk dijual dari mulut ke mulut. Anda harus memanfaatkan jasa marketing untuk mempercepat penjualan rumah. Dengan menyewa jasa agen properti, Anda akan dibantu untuk memasang iklan di media massa, media sosial (online), hingga di berbagai forum jual beli properti.

Memasang iklan akan meningkatkan kemungkinan rumah Anda cepat laku terjual. Bantuan dari jasa agen properti tersebut akan sangat membantu Anda dalam menjual rumah. Namun, Anda harus menyisihkan sedikit dari uang penjualan rumah untuk membayar jasa agen properti tersebut.

3.  Desain rumah yang tepat

Untuk menarik calon pembeli, Anda bisa mendesain rumah agar terlihat nyaman. Walaupun Anda tidak bisa merubah semua desain rumah, Anda bisa mendesain bagian dalam rumah. Sebaiknya Anda menyingkirkan semua barang yang dari pemilik sebelumnya. Anda bisa menata ulang perabot rumah.

Jika Anda menjual rumah kosongan, Anda bisa membersihkan seluruh ruangan agar saat pembeli datang, rumah Anda tetap terlihat nyaman.

4.  Lakukan perbaikan kecil di beberapa bagian

Tidak hanya menata ulang perabot dan membersihkan rumah, melakukan perbaikan kecil di beberapa bagian juga diperlukan untuk mempercepat Anda menjual rumah. Amati seluruh bagian rumah dan perbaiki hal-hal kecil dan terlihat, seperti engsel pintu. Anda juga harus memastikan fasilitas seperti jaringan listrik dan air bisa berfungsi dengan baik.

Saat calon pembeli melakukan survei, kondisi rumah yang baik akan membuat minat pembeli semakin besar. Hal ini tentu akan mempercepat Anda mendapatkan uang dari penjualan rumah.

5.  Menggunakan jasa fotografer

Saat memasang iklan, Anda diharuskan menyiapkan foto bangunan rumah yang dimiliki. Untuk mendapatkan foto yang bagus dan menarik, sebaiknya menggunakan jasa fotografer profesional. Fotografer profesional biasanya lebih paham tentang sudut-sudut yang menarik dari sebuah rumah. Foto yang dihasilkan juga dijamin bagus.

Keputusan untuk menggunakan jasa fotografer profesional mengharuskan Anda mengeluarkan biaya lebih. Namun, kesan pertama yang dilihat calon pembeli sangat penting untuk menarik perhatian. Jika calon pembeli sudah tertarik, kemungkinan besar rumah Anda akan cepat terjual.

6.  Memakai efek pencahayaan yang tepat

Salah satu cara cepat untuk menjual rumah yang bisa dicoba adalah efek pencahayaan dari lampu yang baik. Anda bisa menambahkan efek pencahayaan yang tepat pada beberapa bagian agar rumah terlihat cantik.

Selain itu, Anda bisa mengganti lampu yang sudah redup dengan lampu baru yang lebih terang. Saat siang haris, Anda bisa membuka tirai dan jendela agar sinar matahari bisa masuk. Untuk menciptakan suasana  yang nyaman, Anda juga bisa mengganti warna cat rumah dengan warna baru.

Saat masuk ke dalam rumah, calon pembeli akan melihat keindahan rumah. Ini tentu akan membuat calon pembeli berminat untuk membeli rumah Anda.

7.  Mempelajari tren pasar saat ini

Walaupun Anda ingin cepat mendapatkan uang dari penjualan rumah, Anda tetap harus bersifat realistis. Anda tidak boleh menjual rumah karena terburu nafsu memiliki sejumlah uang yang tidak sepadan dengan harga jual rumah yang sebenarnya.

Sebaiknya Anda mempelajari tren pasar saat ini agar rumah cepat terjual. Dengan mengetahui tren pasar, Anda akan lebih mudah mengetahui minat para pembeli atas bangunan rumah. Anda juga perlu mencari tahu pesaing di area sekitar rumah yang akan dijual. Anda juga bisa berkonsultasi kepada agen properti untuk memudahkan menjual rumah.

Saat mendesak dan mengharuskan Anda menjual rumah, bukan menjadi alasan untuk menjual rumah dengan harga yang tidak wajar. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan secara matang sebelum menjual rumah.