Bisnis

3 Komoditas Ekspor Asal Indonesia Yang Paling Tinggi

Summary

Bagi pelaku bisnis, istilah ekspor pastinya tidak asing lagi di telinga. Ya, ekspor merupakan sebuah pengiriman barang atau komoditas kepada negara lain sebagai proses perdagangan internasional. Umumnya, kegiatan ekspor barang digiatkan oleh perusahaan besar. Akan tetapi, saat ini, bahkan UMKM […]

Bagi pelaku bisnis, istilah ekspor pastinya tidak asing lagi di telinga. Ya, ekspor merupakan sebuah pengiriman barang atau komoditas kepada negara lain sebagai proses perdagangan internasional. Umumnya, kegiatan ekspor barang digiatkan oleh perusahaan besar. Akan tetapi, saat ini, bahkan UMKM dan individu per orangan bisa melakukan ekspor.

Indonesia termasuk negara yang memiliki sumber daya alam terbesar yang darinya muncul komoditas ekspor yang tinggi pula. Bahkan bisa dipastikan, nilai ekspor Indonesia ke Thailand atau negara-negara lain di belahan dunia selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Dilansir dari Tirto ID, Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto mengungkapkan, bahwa terdapat peningkatan kinerja di bidang ekspor Indonesia yang cukup signifikan, tepatnya pada pertengahan tahun 2017. Pada bulan itu, pencatatan data ekspor menunjukkan kenaikan 16.8% dibandingkan bulan sebelumnya. Jika di krus-kan, nilainya mencapai 13 miliar USD.

Negara-negara yang sebelumnya menjadi target ekspor Indonesia, cenderung mengalami kenaikkan atau istilahnya repeat order. Dari banyak negara di dunia, negeri Paman Sam menjadi negeri paling tinggi menerima komoditas dari Indonesia. Trend ekspor pun dinilai selalu meningkat. Tentunya ini tidak terlepas dari komoditas yang paling banyak diminati di negeri tujuan.

Nah, bagi kamu yang penasaran apa saja komoditas asal Indonesia yang memiliki peringkat paling tinggi di bursa perdagangan internasional, kami akan sajikan di bawah ini ya!

Kayu

Komoditas yang paling tinggi disandang oleh Kayu. Ya, kayu tropis menjadi komoditas paling besar di dunia mengingat kegunaannya. Kabarnya, nilai ekspor untuk komoditas kayu bisa mencapai 5 miliar USD pada tiap tahunnya.

Komoditas yang dimaksud pun meliputi kertas, bubur kayu, kayu lapis, veener, dan lain-lain. Jika kamu membaca-baca berita terkait, Jepang dan Tiongkok merupakan negara yang paling tinggi mengimpor kayu dari negeri kita tercinta ini.

Kulit

Setelah komoditas kayu, kulit menjadi komoditas berikutnya yang paling besar diekspor. Untuk komoditas ini, produk-produknya antara lain sepatu kulit. Vietnam dan Tiongkok menjadi dua diantara banyak negara penerima ekspor kulit dari Indonesia. Permintaan yang paling tinggi ialah hasil olahan kulit yang disamak, sepatu olahraga, ataupun berupa alas kaki.

Tentu bukan hanya Vietnam atau Tiongkok, negara-negara lain seperti Australia, Hawaii, dan Malaysia turut menjadi target ekspor komoditas kulit, baik asli maupun sintetis. Salah satu brand yang paling sering mengekspor produk kulit yalah Edward Forrer, hal mana perusahaan tersebut merupakan perusahaan tas dan alas kaki asli Indonesia.

Kopi

Kopi merupakan salah satu komoditi dunia yang dianggap mempunyai peran yang paling vital. Indonesia boleh besar hati dengan stigma ini, sebab faktanya Indonesia memiliki banyak sekali varian kopi serta rasa yang bermutu. Hal inilah yang kemudian menjadikan Indonesia bagaikan produsen biji kopi yang sangat besar di dunia sesudah Brazil dan juga Vietnam.

Indonesia mempunyai banyak varina kopi yang sudah diekspor ke banyak negeri semacam kopi toraja, kintamani, gayo, serta lain sebagainya. Brand kopi asal Indonesia yang bernama Kopi Kapal Api apalagi sudah menembus pasar global yang bisa ditemukan di negara dunia, sebut saja Myanmar, Malaysia, dan Austria.

Nah sobat, itulah beberapa komoditas asal Indonesia yang paling tinggi di bidang ekspor. Jika kamu memiliki produk yang terkait, mungkin ini merupakan kesempatan bagi kamu tuk turut terlibat menjadi eksportir yang menjadi pahlawan devisa negara. Sudah saatnya Indonesia bersaing di kancah internasional, bukan?